Solidaritas Perempuan Kembaran Untuk Merapi

Bencana Merapi  yang terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010 telah menggugah rasa solidaritas dikalangan warga masyarakat untuk membantu sebagian warga yang terkena dampak erupsi  Merapi. Salah satunya adalah warga desa Kembaran Kecamatan Kebumen berinisiatif membantunya. Melalui solidaritas, perempuan kembaran mengadakan penggalangan dana kepada warga desa kembaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober bekerjasama dengan Komunitas Kampung Jagad Kebumen yang bekerjasama dengan posko PCNU Magelang.

Bantuan yang terkumpul dari warga desa Kembaran sekitar dua juta duaratus ribu rupiah dan beberapa gerdus pakaian pantas pakai. Bantuan tersebut disalurkan ke wilayah Magelang tepatnya di posko Ponpes Darussalam Watucongol Magelang. Dipilihnya wilayah Magelang dikarenakan untuk wilayah Jogja telah banyak mengalami penumpukan bantuan dari berbagai pihak. Hal ini disebabkan fokusnya pemberitaan dari berbagai media hanya di wiliyah jogja. Sedangkan untuk daerah yang lain seperti Klaten, Boyolali, dan Magelang minim pemberitaan. Dari informasi relawan yang berada di Magelang, bahwa untuk daerah tersebut masih sangat membutuhkan bantuan.

Menurut ketua Solidaritas Perempuan Kembaran Ibu Shinto bahwa kegiatan penggalangan dana ini bertujuan untuk menggugah solidaritas warga desa Kembaran terhadap bencana yang terjadi. selain itu juga untuk memunculkan rasa empati  terhadap sesama. Selama ini rasa solidaritas diantara kita masih kurang.

Sehingga ketika ada bencana yang terjadi di negeri ini banyak diantara kita yang hanya memelas saja tanpa berinisiatif untuk mencoba membantu sesuai dengan kemampuan kita. Untuk itulah kegiatan ini ingin mengawali kepada warga desa Kembaran menumbuhkan rasa solidaritas diantara warga pada khususnya. Sehingga diharapkan kedepan rasa kebersamaan, kepedulian terhadap sesama menjadi sebuah budaya tersendiri di desa Kembaran tanpa pernah membeda-bedakan diantara satu dengan yang lain.

0 Responses to “Solidaritas Perempuan Kembaran Untuk Merapi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: