Mentradisikan Musyawarah bagi warga desa

seorang ilmuan mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang artinya bahwa manusia tidaklah bisa menjalani kehidupan ini tanpa bantuan dari orang lain. Hal ini dikarenakan manusia menginginkan adanya perkembangan kehidupannya kearah yang lebih baik. Untuk menjalani tahap perkembangan itulah manusia sangatlan memerlukan pertolongan dari orang lain.

Dalam sekala kehidupan masyarakat kecil yaitu Desa menusia hidup bersama berdampingan dengan yang lain sehingga terbentuklah tatanan masyarakat yang saling berinteraksi, beradaptasi, bersinggungan satu sama lain.

Didalam berinteraksi itulah kerap kali manusia itu sendiri melakukan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan sosial masyarakat. Sehingga memunculkan persoalan-persoalan dari yang kecil sampai yang terbesar. Jika persoalan tersebut tidak bisa dipecahkan bersama-sama maka yang akan terjadi adalah konflik antar individu yang berakibat rusaknya tatanan masyarakat sebagai bagian dari kehidupan manusia sosial.

Oleh karena itulah perlu adanya musyawarah bersama antar pribadi masyarakat untuk memecahkan segala persoalan yang terjadi atu paling tidak merumuskan bersama-sama membangun sebuah kehidupan desa yang damai dan tenteram.

Budaya-budaya para pendahulu- musyawarah- semakin terkikis oleh budaya-budaya instan dan jalan pintas yang kerap kali tidak mengandung nilai-nilai budaya musyawarah untuk mencapai mufakat. Jalan pintaslah yang dipilih karena adanya tujuan yang harus segera dicapai.. padahal dengan musyawarah inilah kita akan menemukan banyak cara untuk membangun masyarakat menuju tingkat peradaban yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dengan cara saling menghormati pendapat orang lain dengan berdasarkan keadilan.

Tingkat peradaban manusia yang semakin cenderus individualis dan materialistis menuntut kita untuk selalu mencari ruang-ruang sebagai ajang berkumpul bersama, bermusyawarah bersama supaya kita tidak tercerabut dari manusia sebagai makhluk sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: