“Negara 1 “

Dimanapun yang namanya tujuh belasan pasti ramainya minta ampun.  Demi memperingati ulang tahun bangsa Indonesia, masyarakat rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengadakan permainan.

“ah,nggak apa-apa kok cuma sekali dalam setahun. Dan yang paling penting lagi demi bangsa Indonesia Yu!”. kata salah seorang warga yang tidak mau disebut namanya.

” Betul Mas, ini belum seberapa kalau dibandingkan dengan pengorbanan para pahlawan yang ikut mati dimedan pertempuran demi negara kita. Tapi apa sekarang nilai-nilai nasionalisme masih ada didalam dada setiap generasi muda terutama?”. Tanya seorang perempuan sambil mencari kutu dikepala temannya. mendengar pertanyaan itu temannya menjawab.

” Ah, pitakonmu iku angel banget Bu. Koyo pitakon kubur wae”. Jawabnya.

” Masalahnya pertanyaan itu bisa dijawab oleh diri masing-masing. Dan hal itu hanya bisa diwujudkan dalam kegiatan kita sebagai masyarakt Indonesia”.

” Betul itu pak Kaji, aku sendirii aja kurang tahu apa itu nasionalisme. Tapi toh masyarakat negara ini makannya juga dari padi yang kita tanam. kalau begitu kita itu ikut berjasa bagi negara”. jawab perempuan yang kepalanya sedang dicari kutunya.

semua memang telah berjasa kepada negara sesuai dengan profesi mereka masing-masing. namun apakah kita pernah berpikir sudah sejauh mana rasa nasionalisme kita kepada Tanah air yang kita cintai ini. pengorbanan telah ditorehkan oleh para pahlawan. Sudah saatnya sekarang kita mengisi kemerdekaan ini dengan belajar kepada alam Nusantara yang telah memberikan kita hidup.  



%d bloggers like this: