BPD Kembaran Membentuk Panitia Pilkades

Tepat pada Jum’at, 27 April 2007, BPD Kembaran membentuk panitia pemilihan kepala desa untuk periode 2007-2013. pembentukan panitia pemilihan kepala desa ini dicapai setelah melalui pemilihan panitia yang dilakukan oleh tim formatur. Tim Formatur tersebut merupakan hasil kesepakatan forum yang memberi kekuasaan pada tim tersebut untuk membentuk panitia pilkades yang akan diselenggaran 20 Juni 2007 nanti.

 

Dari pemantauan alfurqon online, rapat pembentukan panitia Pilkades Kembaran pada saat itu dihadiri oleh sekitar 40an warga dari 50an undangan. Undangan mulai berdatangan setelah jarum jam menunjukan pukul 20-an. Meski sebelumnya ketua BPD sempat malu pada kehadiran Camat Kebumen Pak Yasir yang berangkat lebih awal dibanding warga Kembaran yang dapat undangan, akhirnya bisa dikatakan kursi yang disediakan panitia penuh dengan undangan.

Acara pembukaan dimulai dengan sambutan ketua BPD lama Fauzi. Dalam sambutannya Fauzi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada perangkat desa, sesama anggota BPD periode 2002-2007 dan juga warga desa Kembaran yang menurutnya telah bekerja sama membangun desa. Dalam kesempatan tersebut Fauzi juga menyerahkan stemple BPD pada pengurus BPD yang baru yang diwakili Zulman Abadi selaku ketua BPD periode 2007-2013.

Sebagai sambutan penerrimaan dari ketua BPD sebelumnya, Zulman juga tidak lupa menyampaikan ajakan pada semua elemen desa untuk berpartisipasi membangun desa. Meski masih baru dan mungkin pengalaman baru, Zulman meyakinkan para warga bahwa kepengurusan BPD yang dipimpinnya akan berusaha membangun perubahan desa ke arah yang lebih baik. Terkait dengan pemilihan kepala desa yang sebentar lagi akan dilaksanakan Zulman mengajak seluruh warga untuk menyukseskannya. Sehingga pesta demokrasi tersebut akan melahirkan kepemimpinan desa yang tentunya sesuai dengan harapan warga.

Usai sambutan Zulman langsung memimpin rapat pembentukan panitia Pilkades. Namun sebelum ia melemparkan tentang mekanisme pembentukannya, ia meminta Bapak Camat untuk memberikan pengarahan pada forum. Yasir, Camat Kebumen, yang saat itu berkenan hadir sendirian, menyampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan tujuan pesta demokrasi desa yaitu Pilkades. Yasir juga menjelaskan tata cara pemilihan kepala desa mulai dari syarat-syarat syah calon, syarat sah kartu suara, sampai cara pencoblosanyang sah. Selain hal-hal tersebut Yasir juga menghimbau pada semua warga untuk menjaga keamanan baik pada menjelang, sedang atau setelah Pilkades dan mengharapkan tidak ada permainan politik uang atau muwur. Himbauan terakhir ini ditujukan khusus bagi para kandidat kepal desa yang akan bertarung nanti. Menurutnya, klausul yang melarang adanya muwur sudah termaktub dalam Perda tentang Pemilihan Kepala Desa. Meskipun demikian dia mengakui sangat sulit untuk melacak kalau terjadi praktek muwur.

Dalam pengarahannya Yasir juga menyampaikan bahwa berkaitan dengan pemilihan kepala desa, semua desa akan memperoleh bantuan dari APBD masing-masing sebesar Rp. 8 juta rupiah. Yasir mewanti-wanti panitia agar tidak menggunakan dana tersebut sebagai honor panitia. Manurut aturannya, ia menjelaskan, dana sebesar 8 juta diperuntukan untuk pos-pos logistik (kartu suara, bilik suara, terob, dll), konsumsi, dan biaya operasional lainnya, minus honor panitia. Mendengar tidak adanya honor panitia, beberapa peserta mengeluhkan, karena kerja keras tapi tidak ada upahnya. Meski demikian akhirnya rapat menghasilkan panitia Pilkades yang diketuai oleh Gandi Suwardi.(adlan)        

 

 

1 Response to “BPD Kembaran Membentuk Panitia Pilkades”


  1. 1 nurhidayat May 5, 2008 at 5:03 am

    saya sepakat tentang pembentukan yang ditunjuk lansung oleh pihak-pihak perangkat desa, karena degan begitu tentunya tidak timbul konflek internal desa yang mana efek dari pada itu akan berdampak buruk pada proses pemilihan yang akan dijalankan dan juga harus diperhatikan bahwa panitia jug harus independen terhadap semua calon. dan jug terkait masalah anggaran yang akan dicanangkan untuk pemilihan pilkades tentunya harus ada suntukan dana dari pemkab setempat dengan tidak adanya semacam pembebanan penuh terhadap calon. sehingga pada nantinya hal-hal yang menjadai tanggung jawab panitia akan untuk prses pemilihan akan adanya kontribusi yang tepat untuk pelasana tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: