Tegar di tengah Himpitan Budaya Modern

picture-118.jpgmeski dunia sudah penuh sesak dengan budaya yang terlahir dari rahim era globalisasi dimana semua perangkat kehidupan termodernkan. Mulai dari sandang, pangan dan papan sampai dengan pemikiran pun termodernkan. Musik pun tak luput dari gerakan rizomatik globalisasi.

gerakan globlalisasi memang hingga saat ini masih terlibat dalam dialektika yang cukup keras. ia berbenturan dengan tradisi lokal yang dipandangnya konservatif dan tidak relevan lagi dengan zamannya. tantangan besar dari budaya yang berhembus dari pemikiran barat ini tidak kemudian memperlemah tradisi lokal yang sudah berabad-abad hidup.

salah satu buktinya, hingga kini aliran musik janeng ternyata masih mampu bertahan dalam himpitan dealektis tersebut. turbulenasi budaya barat tersebut tidak berdampak pada melemahnya semangat masyarakat dalam melestarikan warisan budaya nenek moyang.

Kembaran sebagai salah satu desa di Kebumen yang didalmnya masih kita temukan nafas aliran musik tersebut. dalam perkembangan terakhir justru Janeng yang dulu dikenal hanya miliknya kaum lelaki, kini kaum perempuan juga merambahnya. Golongan ibu-ibu ternyata tidak mau kalah dengan golongan kaum adam.

meski muncul dalam even-even tertentu, janeng ternyata masih menyentuh hati warga masyarakat. selain alunan musik yang rancak dan nikmat didengar, Janeng juga menawarkan puji-pujian pelipur lara dan penyejuk hati. agar sajiannya manarik kalbu pendengarnya, seperangkat gamelan menjadi salah satu pendukungnya.

pada peringatan Maulud Nabi Muhammad yang diselenggarakan takmir Masjid Al Ittihad (31/3), grup Janeng Yoso Guno unjuk kebolehan sebagai musik pengiring peringatan Maulud Nabi yang menghadirkan pembicara KH. Kastolani dari Kemangguan, Alian. anggota yang dulunya banyak mengandalkan kaum tua, kemarin nampak terwarnai dengan pemuda-pemuda yang gembira menabuh dan malantunkan syair-syair lagunya.

Grup Janeng Yoso Guno ini secara rutin melakukan latihan dari satu rumah anggota ke rumah anggota lainnya. kalau ada permintaan dari warga yang sedang punya hajatan, Janeng turut serta meramaikan agenda-agenda hajatan penduduk seperti pernikahan dan khitanan. (adlan)

0 Responses to “Tegar di tengah Himpitan Budaya Modern”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: