Semangat Ibu-Ibu Muslimat NU Tingkat Kampung

Ratusan ibu-ibu Muslimat NU Ranting Kembaran beruduyun-duyun menghadiri peringatan Maulud nabi Muhammad SAW tingkat propinsi Jawa Tengah (minggu, 31/3). Peringatan tingkat propinsi ini dipusatkan di Kebumen, tepatnya di gedung Sekda Kebumen. Kali ini menghadirkan Ibu Chofifah Indar Parawangsa yang juga ketua PP Muslimat NU.

Dengan alakadarnya mereka berangkat. Ada yang naik mini bus, mbecak, diantarkan suaminya, dan ada juga yang ngontel alias menggayuh sepeda. Karena acaranya pagi, ibu-ibu itupun menyelesaikan pekerjaan rumahnya lebih pagi dibanding hari-hari biasa. Pun demikian beberapa pembantu rumah tangga terlihat meninggalkan sejenak pekerjaannya yang sekiranya layak dikerjakan sore harinya. Seperti Mba Ijah yang sehari-harinya kerja di rumah Bu Udin. Ia terlihat terburu-buru, belanja sayur di warung Mba Isoh, hanya karena ingin menghadiri acara tersebut.

Seperti tanpa dikomando, Bu Adman, Bu Tolatun, Bu Topur dan ibu-ibu lainya secara berombongan mereka saling menghampiri dengan maksud untuk berangkat bersama-sama. Bu Topur yang kala itu sedang menghadang mini bus beserta rombongannya, tiba-tiba teringat kalau dirinya telah janji akan ngajak Mba Likha. Secepatnya dia kembali kerumah menghampiri mba Likha yang ternyata sedang mencarinya juga.

Sesampai disana ternyata arena peringatan Maulud nabi bagaikan lautan manusia. Beberapa rombongan dari daerah lain lebih dulu hadir. Meski ada sebagian ibu-ibu aktivis Muslimat NU dari ranting Kembaran yang duduk di belakang, ternyata Bu Machfiyah Dalwanuddin duduk di depan, kata Mba Likha. Mba Likha sendiri dengan berdesak-desakan kahirnya bisa bersalaman dan bahkan dicium sama Bu Chofifah.

Yang tak kalah menarik untuk diambil makna dari aktivitas ibu-ibu kampung ini adalah semangat mereka melestarikan tradisi baik dari agama Islam dan sekaligus menguri-uri organisasi masa yang melanggengkan tradisi tersebut. Demikian kata Mba Iin yang mantan Ketua IPPNU berasal dari Kembaran. (adlan)

1 Response to “Semangat Ibu-Ibu Muslimat NU Tingkat Kampung”


  1. 1 Fafa October 2, 2008 at 8:10 am

    Aku itukan punya VCD yang isinya profileku dari aku kecil, saat aku nyanyi, aku ikut lomba, aku sekolah, aku menari, aku wisuda sampai aku main wushu, pokoknya dan lain lain dech, yang di file PICTURE itu ada semua fotoku dan hasil karyaku plus prestasiku. Durasinya saja 43 menit.

    Buat semuanyanya yang mau tinggalin comment di blogku nanti aku undi, bakalan siapa yang menang. Semuanya gratis jadi tidak perlu ganti biaya produksi sama pengiriman, aku yang tanggung semuanya.

    Karena terbatas jadi nanti aku umumkan yang menang hanya sepuluh orang saja ya.

    Ayo buruan siapa tahu bisa menang, oh ya catatan buat muter VCDnya kalau pakai VCD Player sembarang merek bisa, tapi kalau pakai komputer jangan pakai Windows Media Player sama Winamp jadi harus selain itu. Kagak tahu tuch Oom Andi yang bikin kok bisa begitu.

    Sudah ya, aku tunggu commentnya di http://akuhomeschooling.wordpress.com. Terima kasih banyak ya.

    Cium sayang selalu dari Fafa buat semua


Leave a Reply

