Pemilihan Anggota BPD pun di Musholla

picture-155.jpgMinggu, tepatnya 1 April 2007, bertempat di Mushola Al Furqon berlangsung pemilihan anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) untuk daerah perwakilan Kembaran satu. pertemuan tersebut diikuti oleh 73 orang yang mempunyai hak suara. wilayah kembaran satu meliputi RT 1, RT 2 dan RT 3 yang masuk kedalam otoritas RW 01. selain mereka acara tersebut juga sempat menjadi perhatian khalayak yang lain. kontan saja mushola yang hanya berukuran 7 x 8 meter itu penuh dengan orang dan asap rokok dari para hadirin yang sebagian besar perokok.

pertemuan tersebut langsung dipandu oleh ketua panitia penjaringan anggota BPD wilayah satu Drs. Abdul Khamid. di forum tersebut juga nampak pejabat-pejabat desa yang lain seperti Kepala desa kembaran Miftahudin Ahmad, Ketua panitia Pembentukan BPD kembaran Gandi Suwardi dan ketua BPD Fauzi yang akan habis masa bhaktinya.

acara pembukaan langsung dipandu oleh bapak Hardoyo Waluyo selaku pembawa acara. dalam sambutannya selaku ketua panitia penjaringan wilayah kembaran 1, Drs Khamid mengemukakan bahwa forum kali ini adalah forum untuk memilih calon anggota BPD untuk periode 2007-2012. sampai tanggal 1 April, sebagai batas akhir pendaftaran bagi warga yang mau mencalonkan diri sebagai anggota BPD, telah terdaftar sebanyak 5 orang calon. lima calon tersebut yaitu Bapak Zulman Abadi, Bapak Mulyadi, keduanya dari RT 1, Bapak Agus, satu-satunya wakil calon dari RT 2, Rofingudin dan Bapak Heri Budi P dari RT 3.

ia manambahkan kebutuhan anggota BPD untuk dsa kembaran adalah 5 orang. kebijakan semula 5 orang ini dipilih tidka berdasarkan perwakilan wilayah. artinya dengan kebijakan ini bisa saja ada RT yang tidak memiliki wakilnya sebagai anggota BPD. tetapi beradasarkan aspirasi yang berkembang, masyarakat menghendaki setiap RT harus ada wakil yang duduk sebagai anggota BPD. pada pemilihan kali ini calon yang menndapatkan suara terbanyak maka secara otomatis akan duduk sebagai anggota BPD, nah calon kedua akan duduk sebagai pengganti antar waktu (PAW), apabila ada salah satu anggota BPD yang berhalangan, meninggal dunia, mengundurkan diri dan lain sebagainya.

setelah itu disambung dengan sambutan ketua panitia. Gandi Suwardi dalam sambutannya mengatakan kalau pemilihan anggota BPD adalah mendasarkan pada perda No. 4 tahun 2007. beliau juga menyampaikan dua tata cara pemilihan sesuai dengan aturan yang ada yakni permusyawaratan untuk mufakat dan voting. gandi juga mengingatkan kembali agar para calon segera melengkapi syarat-syarat pencalonan seperti Akta Kelahiran dan surat kelakuan baik atau SKCK. terkait dengan syarat SKCK beberapa calon mengeluh karena tingginya biaya pembuatan SKCK di kepolisian yakni Rp. 50.000,-.

beberapa perdebatan muncul mewarnai menjelang proses pemilihan dilaksanakan. berbagai interupsi bermunculan dari beberapa peserta. Pak bambang salah satu warga dari RT 3 mengusulkan agar pemilihan dialksanakan tertutup. hal ini agar tidak memberikan dampak psikologis calon. mantan lurah Makful Efendi juga memberi saran agar pemilihan dilakukan sesuai dengan wilayahnya. ia juga menghawatirkan kalau terjadi pergantian antar waktu nanti terjadi perdebatan lagi ketika calon terpilih kedua saling berebut untuk mendapatkan kedudukan tersebut tidak diapayungi hukum. menyikapi usulan-usulan tersebut, pihak panitian menawarkan kepada forum. akhirnya forum menyetujui untuk dilakukan pemilihan secara voting.

sebelum pemilihan, panitia menyebar suarat suara yang telah dibubuhi tanda tangan panita, karena tidak ada stempel, kepada para hadirin yang punya hak suara sesuai dengan daftar hadir. dari RT 1 ada sebanyak 37 suara dengan suarat suara terkumpul sebanyak 37 surat suara. sementara itu dari RT 2 dihadiri oleh 14 orang dengan surat suara terkumpul sebanyak 14 suara. sedangkan RT 3 dihadiri oleh 22 orang, dengan surat suara terkumpul sebanyak 22 buah.

setelah dilakukan voting akhirnya dihasilkan calon terpilih yang akan duduk sebagai anggota BPD. Zulman Abadi terpilih sebagai wakil dari RT 1 dengan suara sebanyak 32 mengalahkan Mulyadi yang hanya mendapatkan 4 suara, sisa suara rusak 1 buah. Rt 2 akhirnya secara mutlak memilih Agus sebagai wakil anggota BPD dari daerahnya. RT 3 memperlihatkan konfigurasi politik yang berbeda karena cukup banyak melahirkan suarat suara yang rusak dan tidak sah. meski akhirnya Rofingudin mendapat suara terbanyak dengan mengalahkan Heri Budi.

disela-sela peserta rapat pemilihan anggota BPD, kehadiran seorang warga baru RT 1 yang berkebangsaan Australia sempat membikin suasana lain. sesekali warga yang hadir nyletuk untuk sekedar kenalan dan bertanya. how are you mister? Cristoper biasa ia dipanggil merasa senang dengan acara tersebut, dan memberikan hak suaranya pada salah satu kandidat dari RT 1. ia juga melihat proses pemilihan yang sangat demokratis dan sempat membandingkannya dengan pemilihan senat atau consulat di negaranya. hal tersebut disampaikannya saat berbincang dengan Borni salah satu peserta. (adlan)

0 Responses to “Pemilihan Anggota BPD pun di Musholla”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: