Bongkoan

(Menanamkan jiwa sosial pada anak)

picture-131.jpg

 

 

Selepas maghrib, Musholla Al Furqon telah ramai dengan suara santriwan-santriwati. Malam itu, mereka akan membaca sholawat nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta mereka, sebab malam itu tepat 12 Rabi’ul Awwal Rasul tercinta dilahirkan. Dengan dipandu oleh Bu Nyai Machfiyah santri-santri itu begitu nyaring membaca bait demi bait sholawat.

Tradisi membaca sholawat memang telah tertanam dijiwa mereka, sehingga begitu mbak Likhah mengumumkan setelah Maghrib ada pembacaan sholawat di Musholla mereka begitu antusias menyambut. ”Ohya jangan lupa membawa bongkoan ya” kata Mbak Likhah menambahkan. Bongkoan adalah membawa jajanan untuk kemudian dimakan bersama-sama. Biasanya setelah pembacaan sholawat usai dan setelah berdo’a bersama, Bongkoan yang dibawah dari rumah dimakan bersama-sama.

Disinilah jiwa-jiwa sosial mereka dapat dilihat. Dan, memang pada kenyataannya berbagai karakter anak-anak itu terlihat. Ada anak yang dengan mudah memberikan sebagian jajan nya kepada temanya, sebaliknya ada juga anak yang dengan cuek makan sendiri dan kurang begitu memperhatikan teman-temannya.

Belajar berbagi bila tidak pernah dibiasakan, maka akan nampak karakter-karakter individualis. Belajar berbagi tentu saja harus dimulai dari hal-hal kecil, misal dengan saling memberi dan semua itu dibutuhkan proses belajar. Orang tua harus mampu mencermati kondisi ini, sehingga membangun watak sosial anak dapat dimulai sejak dini.

Tradisi Bongkoan memang hanya dilaksanakan di bulan maulud, namun penanaman jiwa sosial tentu saja tidak bergantung pada ini. Yang pasti, tradisi ini dapat menjadi salah satu alternatif membangun jiwa sosial anak, tanpa menafikan makna perayan Maulud itu sendiri tentunya.(Kanind)

0 Responses to “Bongkoan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: