Tanaman Padi itu…

wah hampir saban hari kotaku diguyur hujan. desaku juga tak luput dari tegur sapa hujan yang sungguh lebat. kadang-kadang juga ia datang bersama angin yang bertiup cukup kencang. meski tak menumbangkan pohon.

desa Kembaran dikelilingi hamparan sawah yang luas. akibat guyuran sang hujan itu hampir tanaman padi yang menjadi batas desaku ambruk. tanaman padi sepertinya tak kuasa melawan hempasan hujan dan angin tersebut. dampaknya para petani akan mengalami kerugian. biaya tanamnya saja para petani sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit lho..!

kalau begitu perdiaan beras akan berkurang juga. jangan-jangan harga beras juga akan melonjak. lagi-lagi petani merugi. sudah panennya sedikit, harga jual rendah, harga belinya tinggi, selain itu para petani harus memikirkan anak-anaknya yang sekolah, kebutuhan hariannya juga banyak.

apa yang perlu dilakukan kalau keadaan sudah seperti ini. O ya..lumbung padi kayaknya mulai digalakan lagi deh. di desaku tidak ada lumbung padi. padahal penting lho…selain untuk menyimpan padi, lumbung juga punya fungsi sebagai cadangan stock beras di waktu-waktu yang akan datang. harapannya kelak kita tidak akan mengalami paceklik baik karena fluktuasi harga beras yang tak menentu atau pun karena bencana seperti banjir. (kanindita)

0 Responses to “Tanaman Padi itu…”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: