Reading News Paper

Reading News Papermenu pengajian kali ini (26/3) berbeda dengan hari-hari biasanya. kali ini santri-santri kecil mushola Al Furqon belajar belajar pengetahuan umum dengan membaca koran. koran yang dibaca pun koran untuk anak-anak yang dikumpulkan dari sebuah lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kebumen. Lembaga tersebut setiap hari berlangganan koran harian Suara Merdeka. nah, setiap edisi hari minggu, harian tersebut pasti ada suplemen koran untuk anak-anak. Nah, mba Likha selaku ustadzah yang intens mengajar setiap minggu mengumpulkannya. nama koran itu Yunior. sebuah kata yang mungkin sudah tidak asing bagi khalayak. pun demikian bagi anak-anak.
karena tingkatan pendidikan santri-santri kecil itu berbeda dari luar mushola terdengar bagai suara lebah yang beterbangan. kalau kita dekati kian terdengar lucu. ada yang meng-eja karena masih duduk di kelas satu. yang masih TK pun ikut-ikutan ngeja.bagi yang sudah di kelas tiga keatas, mereka tidak begitu mengalami kesulitan. Mba Likha menuntun khusus santri-santri kecil yang masih duduk di Taman Kanak-kanak dengan menjelaskan isi tulisan yang biasanya disertai dengan gambar. cerita bergambar gitu lohch..!
berbagai macam tema yang mereka dapatkan dari koran itu. ada teka-teki silang, cerita pendek, belajar wawancara, cerita misteri, cerita toleransi agama ada juga mata pelajaran sekolah. menurut Yaya salah satu ustadzah yang masih duduk di bangku SMU Kutowinangun, dirinya akan menambah kekayaan bahan bacaan untuk santri, meski dengan menghibahkan buku-bukunya yang sudah tidak kebaca. setelah itu santri-santri akan diajari untuk mendongeng, imbuhnya.
saat-saat itu posisi membaca memang banyak yang dengan tiduran, meski sebagian ada yang duduk. padahal kita tahu membaca yang baik sikap badannya harus tegak. seperti yang diajarkan guru-guru di sekolah. hal ini dikarenakan juga masih minimnya fasilitas belajar santri di mushola kami. bayangkan teman hanya ada tiga meja dan satu papan tulis fasilitasnya.
tapi yang jelas semangat belajarnya bo….santri-santri Al furqon tidak kalah dengan lainnya. (septi)

0 Responses to “Reading News Paper”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: