Kiamat Sudah Dekat…!

oleh : rahmat

waktu kecil guru-guru ngaji di desa kami mengajrkan bahwa salah satu tanda-tanda kiamat yaitu antara rumah satu dengan yang lainnya tidak ada ruang angin. artinya tidak ada jarak yang memisahkan alias dempet.

belajar dari trend dan pola pembangunan rumah di desa Kembaran mungkin setengahnya mau membuktikan tesis tersebut. beberapa bulan terakhir terjadi pembangunan beberapa rumah. ditengah-tengah proses pembangunan beberapa rumah tersebut muncul permasalahan klasik yaitu patok batas dan jalur pembuangan air. orang jawa menyebutnya paceran.

trend yang sedang in sekarang adalah membuat rumah dengan mengepaskan dengan luasnya tanah. tanah seukuran 3 x 4 misalnya, maka akan dihabiskan seluruhnya untuk membangun rumah. bagi rumah-rumah yang ada ditepi jalan mungkin merasa nyaman dan aman. akses keluar sangat mudah. tapi membuat bingung bagi warga yang akan atau sudah membangun rumah di daerah pedalaman. rumah-rumah yang ada di dalam tentu akan kesulitan mencari jalan keluar. bagai terkerangkeng.

selanjuntnya masalah pembuangan air dari rumah tangga akan mengalami kesulitan karena hampir setiap rumah akan membutuhkan alokasi tanah dari tentangganya. masalahnya kini antar rumah tangga sendiri tidak mau merugi karena tanhanya digunakan sebagai jalur pembuangan orang lain.

beberapa ketegangan sosial sebenarnya mulai terlihat. satu sama lain belum membawanya pada sebuah permusyawaratan yang mungkin akan menghasilkan satu keputuan yang maslahat. bahkan ada warga yang mulai memagar seluruh pekarangannyar. praktis sama sekali tidak memberi ruang bagi warga lain untuk melintasi tanah miliknya. sehingga banyak warga yang harus berjalan lebih jauh, meski sebenarnya orang menggunakan jalan tersebut tidak berdampak pada kerusakan pekarangannya.

mungkinkah ini tanda kiamat semakin dekat…? wallohu’alam

0 Responses to “Kiamat Sudah Dekat…!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: