Dua Anak Kyai Akan Bertarung Dalam Pilkades

Meski masih agak jauh dalam hitungn hari, pelaksanaan Pilkades di Desa Kembaran akan balakalan seru. bagaimana tidak kusak-kusuk dan bisak-bisik masyarakat sudah tersakan. Kabar yang kami peroleh di lapangan mengatakan ada dua calon akan maju. masing-masing Udah dan Ismail. Keduanya tergolong masih belia.
Kedua calon tersebut sama-sama menyandang sebutan anak-anak kyai kampung yang sudah meninggal beberapa tahun lalu. Udah adalah anak Kyai Kusmen HF yang masih adik ipar dari Kyai D. Dalwanuddin, ayah dari Ismail. Ismail sendiri kini didaulat menjadi pengganti ayahnya sebagai kyai kampung sejak tahun 2000.

Berbagai sumber mengatakan kalau masing-masing mengklaim mempunyai jama’ah yang cukup besar. Meski kurang aktif di kegiatan desa, Udah bias mengandalkan suara dari jamaah masjid, yasin tahlil yang selama ini diklaim masih dekat dengan Ibunya. Sementara, meski posisi sebagai kyai Kampung relatif baru, proses nyalonnya kyai ini didorong oleh jamaah masjid juga.

Yang tidak kalah menarik, muncul wacana pemisahan antara kyai dan kades dari ruang debat publik desa kembaran. Seorang warga yang enggan disebut namanya mengatakan “ujarku wong mas kyai (sebutan Ismail) wis dadi wong tua, sing mantep anggone dadi panutan warga. Engko warga pada makmum meng sapa?” Namun disisi lain juga muncul wacana yang ingin mengusung bahwa Ismail adalah sosok yang digambarkan bisa memberikan pengayoman masyarakat dan mengelola pemerintahan desa dengan tetap tidak menanggalkan ke-kyai-annya. Kritik dalam bentuk lain juga dilontarkan pada si calon perempuan tadi karena kurangnya pergaulan dengan warga.

Ketika kami mengkonfirmasi pada seorang warga lainnya, mungkinkah muncul kuda hitam dalam pertarungan ini? tersebut kalau dalam peta sekarang bisa jadi muncul. Makful disebut-sebut sebagai kuda hitam yang mungkin muncul. Banyak kalangan jika orang ini muncul kedua calon diatas bisa mengalami kandas. Bukan suatu hiotung-hitungan yang sulit memang, karena Makful sendiri adalah mantan kades periode sebelum Miftahudin Ahmad yang saat ini masih memerintah. Selain itu sosok Makful termasuk golongan tua dibanding dengan dua kandidat diatas. Yang lebih dari kedua calon diatas adalah soal asupan amunisi. Selama ini Makful dikenal kontraktor listrik dan pengusaha angkutan umum. (adlan)

1 Response to “Dua Anak Kyai Akan Bertarung Dalam Pilkades”


  1. 1 Furqon Albahar March 27, 2007 at 8:39 am

    assalmu’alaikum wr, wb
    i want to introduce myself
    my name is Furqon Alwi Baharsyah
    i’m from Subang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: