Anak-Anak Itu Ternyata Pernah Mendengar Internet

“Itu gambar saya, ada dua,” kata salah satu anak melihat gambarnya terpampang di stus ini.

“Yang ini gambar saya,” kata anak lainnya.

“Yang ini gambar saya,” yang lain lagi.

Anak-anak itu  merasa sangat senang ketika gambarnya masuk di internet. Apa mereka tahu internet?

Ternyata sebagaian anak itu pernah mendengar internet, setidaknya yang sudah kelas V SD ke atas. Mereka tahu bahwa gambar mereka yang terpampang itu bisa dilihat “darimana-mana” dan mereka cukup senang dengan terpampangnya gambar mereka di internet.

Tetapi, ada saja yang ndregil dari anak-anak itu. Dia ternyata sudah tahu tentang internet, bahkan pernah mengoperasikan internet. Dan anak itu mencari melalui google gambar syur. MasyaAllah, anak-anak kita sudah mengenal yang demikian.

Menjadi sangat wajar ketika kemudian banyak orang tua yang melarang anak-anak mereka melihat internet, karena di masyarakat berkembang pemahaman bahwa internet ya menyangkut hal-hal yang syur-syur itu.  Dan anak-anak mereka, tidak boleh terjatuh ke lembah kotor itu.

Memang, sebuah teknologi itu tidak bebas nilai. Ia bisa bermanfaat, bisa saja menjerumuskan, bagi anak-anak. Ia akan menjadi sangat bermanfaat, bila digunakan dengan baik; dan menjadi merusak, bila digunkan secara tidak baik.

Anak-anak kita, bila besar nanti, akan hidup di dunia dimana internet sudah menjadi kebutuhan. Karenanya,  pengenalan internet kepada mereka bukan hanya bagaimana secara teknis mengoperasikan komputer, melainkan juga mengenalkan apa itu internet dan manfaatnya bagi kehidupan mereka.

Tetapi sebenarnya bukan hanya untuk mereka pendidikan itu, melainkan juga untuk orang tua mereka. Dan, peluncuran situs nanti malam diharapkan bisa sedikit menjelaskan internet sebagai media pendidikan kepada anak-anak, remaja, dan orang tua, agar masyarakat dilingkungan Musholla al-Furqon bisa bertambah cerdas sekaligus tidak lepas dari akar budayanya, Desa dan Pesantren, karena memang selama ini Musholla AL-Furqon juga sering disebut Pesantren.

3 Responses to “Anak-Anak Itu Ternyata Pernah Mendengar Internet”


  1. 1 estiningsih March 14, 2007 at 3:55 am

    Assalamualaikum saudara2qu semua……..

  2. 3 estiningsih March 14, 2007 at 4:10 am

    bagaimana pendapat kalian dengan adanya intrnet sekarang??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: