Belajar Kaligrafi

Belajar┬áKaligrafi kaligrafi merupakan salah satu identitas seni dalam dunia Islam. ia identik dengan lukisan atau gambar huruf-huruf arab yang indah. secara khusus biasanya kaligrafi bertuliskan ayat-ayat suci al Qur’an atau kata-kata mutiara yang diambil dari hadits nabi Muhammad.

menulis kaligrafi kini menjadi salah satu menu pelajaran di musholla Al furqon. malam kamis (21/2) dengan dipandu ustadzah Muslihah sebagai teman belajar, sekitar 15-an anak-anak usia 6-9 tahun belajar menulis indah kaligrafi. meski tanpa alas (tikar / karpet) mereka dengan tekun belajar corat-coret diatas kertas tulis yang mereka siapkan sebelum sholat maghrib. ada yang menulis sambil tidur, duduk kadang malah ada yang berlarian pinjam pensil dan kertas sana sini. ada yang nyontek. dengan kesederhanaan fasilitas senyum mereka tetap mengembang.
dengan metode sederhana sang ustadzah menuntun mereka dalam menggoreskan pensil. langkah paling dasar, para santri kecil tersebut diajari cara mengasah atau mempertajam pensil dengan cutter . ini penting karena kalau pensilnya majal hasil tulisannya kurang bagus.

yang namanya anak, tentu tidak bisa diterapkan cara mengajar pada orang dewasa. yang namanya anak, ada yang menggambar rumah, mulai menulis dari “alif” sampai “ya”, merangkainya menjadi sebuah kata dalam bahasa arab. inilah menarik, sang ustadzah tidak langsung mengajak anak-anak untuk menuliskan arab. menurut ustadzah yang biasa dipanggil dengan “mba likha” ini aspek yang paling menentukan adalah bagaimana meletakkan memori pada anak-anak. bagaimana memberikan kesan bahwa kaligrafi itu tidak sulit, indah dan bagian dari budaya Islam.(adlan)

About these ads

5 Responses to “Belajar Kaligrafi”


  1. 1 kurnia April 1, 2008 at 12:06 pm

    salam…
    tulisanya bagus baget, mudah2n akan menjadi pemicu gairah setap anak muslin tuk mau mengenal kaligrafi sebagai slaha satu khasanah seni budaya islam tertua…

    suatu kebahagian tak terkira dari kami apabila kami dapat berbagi dengan pembaca di blog ini dan diajak untuk mengenal lebih dekat lagi tentang kaligrafi dgan link ke: http://www.noqtahcalligraphy.blogspot.com

    terimakasih
    sukses slalu..
    kurnia

  2. 2 zulkarnain July 5, 2008 at 11:50 pm

    ** apakah ada pesantren di jabotabek hkusus kaligrafi

  3. 3 abdul aziz June 1, 2009 at 8:34 pm

    assalamualaikum wr.wb maaf bang contih kali grafi nya tolong timbulin dong yang bismilah

  4. 5 konita amalia November 6, 2010 at 10:21 am

    asalamu’alaikum

    mba likha….mau tanya donk…langkah dasar mengajarkan kaligrafi untuk anak SMP kls 1 yg masih buta sama sekali dengan kaligrafi bagaimana ya mba????sy ingin sekali mengajarkan itu kpd anak2…berhubungan dengan MP yg saya ajar (BTQ)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: